Trend Warna Dunia, Siapa yang Menentukan?

2 Malam lalu saya menonton sebuah acara di History Channel, judulnya “Why We Buy”.

Sungguh menarik bahwa ada sekelompok orang yang ternyata “otomatis” adalah penentu trend warna 3 tahun mendatang, dan salah satunya adalah pria berkebangsaan Jerman. Mereka mengadakan acara gathering yang bersifat rahasia (mestinya tidak boleh dishoot oleh media TV), untuk memutuskan kombinasi warna apa untuk 3 tahun mendatang. Dalam memutuskannya, mereka mempertimbangkan kondisi ekonomi, politik, dan isu-isu dalam masyarakat dunia seperti kejadian New York 9/11 atau isu lingkungan yaitu utk go green. Lalu bagaimana mereka bisa menjadi penentu? Hasil keputusan mereka ini dipublish atau diberikan pada industri-industri dunia seperti motor, mobil, cat rumah, dsb. Bahkan industri membayar mereka utk itu. Lantas mengapa industri mau mengikuti kata mereka? Jawabannya karena industri tidak mau ambil resiko kalau tidak mengikuti trend itu. Karena industri-industri yang lain banyak menuruti trend warna bentukan kelompok tsb. Wah wah wah… ternyata dunia ini memang dikendalikan oleh sekelompok orang saja ya… setidaknya utk urusan trend warna.

Kenapa warna itu penting? Lihatlah diri Anda sendiri. Ketika membeli kendaraan, baju atau tas, apa yang anda pilih setelah memilik merek? tentu warna bukan?

Oya, satu lagi fakta yang cukup menarik adalah bahwa preferensi warna utk setiap bangsa atau negara itu berbeda. Mobil warna putih di Thailand sangat tidak laku, sedangkan di negara lain cukup digandrungi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: