Anda ingin dikenang sebagai apa?

Mungkin pertanyaan “Nantinya, Anda ingin dikenang sebagai apa?” sudah terdengar klise. Tapi, pertanyaan itu serasa menjadi “a wake up call” bagi Nutria ketika pertama mendengarnya di tahun 2003, setelah menyandang gelar sarjana dari sebuah PTN paling bergengsi di negeri ini dengan predikat Cum Laude. Selama ini mungkin tak pernah terlintas dalam pikirannya, sebuah rencana besar dalam hidup yang mesti ia buat agar suatu hari kelak, di saat rambut hitam mulai bersaing dengan rambut putih, ia dapat bersyukur karena sekian waktu yang dilaluinya ternyata tidak sia-sia.

Selama ini, yang dipegangnya ialah prinsip “do the best, as you can”. Lantas, apa selanjutnya? Pertanyaan itu dan juga pertanyaan turunannya menggelayuti pikirannya hari demi hari sampai ia menyadari bahwa banyak orang hebat (setidaknya yang dikenal dalam sejarah peradaban manusia) karena punya karya cipta agung yang bermanfaat bagi mahluk hidup lainnya di dunia ini. Bukankah orang yang mulia ialah orang yang banyak manfaat bagi sesamanya?

Sesederhana itu kah? Jawabannya bisa ya, bisa tidak. Yang pasti, bagi Nutria, kini ia dengan mantap, pasti, dan berani, telah menjalani hidup yang bagi sebagian orang lainnya dianggap berani. Ketika orang kebanyakan berduyun-duyun mengikuti berbagai tes dan wawancara kerja, ia memilih berpikir  kreatif dan sibuk eksplorasi dengan apa yang bakalan disebutnya sebagai “master piece” dalam hidupnya. Apakah itu? sebuah karya yang memberikan manfaat bagi orang lain,  dapat menjadi sumber penghidupan bagi beberapa orang yang membantunya, dan tentu saja membuatnya dikenang secara anggun oleh alam semesta ini.

-kisah ini ditulis dengan seizin tokoh yang dimaksud :)-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: